Intro: Perkuliahan tamu yang dilakukan untuk membahas tentang langkah berbisnis online yang disampaikan dalam tiap aspek dan berbagai contoh yang dilakukan dalam kelas tamu ini.
PENDAHULUAN
Di era ini internet sangatlah maju dan
berkembang pesat tiap tahun, terutama dalam bidang bisnis perdagangan. Contohnya
yaitu pemasaran sebuah produk secara online lebih menguntungkan dari pada
pemasaran secara manual. Digital Marketing merupakan salah satu konsep dalam
memasarkan produk atau barang kita secara online entah itu melalui media sosial
mapun website jual beli online.Dalam penulisan resume ini pembaca dapat
mengetahui konsep tentang digital marketing,pengertian dan keunggulan bisnis secara
online terutama dalam menjalankan bisnis online untuk awalan atau pemula.
PEMBAHASAN
Pembicara
Nama : Budi Fajar
Universitas : ITB ASIA Malang
Instragram : @digitalpreneutraning
A.
Perbedaan Internet dan Digital :
·
Internert (kependekan
dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang
saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet
Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh
dunia.adalah Sebuah jaringan yang saling terhubung
Internet
& Digital adalah dua hal yang berbeda. Internet adalah salah
satu media penghantar teknologi Digital.
B.
Big Concept
Digital mempunyai lawan kata
yaitu Analog. Analog bisa disebut sebuah sinyal yang mempunyai bentuk gelombang
dengan cara kerja yang berkelanjutan, Sinyal analog membawa informasi data
dengan mengubah karakteristik gelombang. Sementara
Digital hasil dari
pengembangan temuan dari analog, sebelum adanya digital kita sudah terlebih
dahulu mengenal analog.Didalam Digital Marketing. Marketing mempunyai 2 sudut
pandang yaitu :
1) Konvensional,semua hal yang sifatnya mengikuti
kebiasaan-kebiasaan yang lazim digunakan atau berdasarkan kesepakatan banyak
orang.Ciri-Cirinya :
a. Mengunakan
media komunikasi non digital.
b.
Percakapan
berlangsung dua arah tanpa melibatkan media digital.
c. Tekbologi
kekinian saat itu.
Contohnya:
a. Pasar
b.
Bank
c.
Promosi
dengan memberi brosur
d.
Penjual
kaki lima
2) Digital merupakan
penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang
terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner).Ciri-cirinya:
a.
Menggunaka komunikasi media digital.
b.
Bahkan tidak berlangsung percakapan.
c.
Melibatkan sistem yang tidak dapat
dipegang.
Contohnya:
a. Marketingplace(website atau aplikasi online yang memfasilitasi
proses jual beli dari berbagai toko).
b. Pengiriman
Paket.
c. Toko
Online.
Perlu diingat Marketingplace dan E-commerce
yang biasa kita dengar itu berbeda dari segi kata dan pengertiannya. Dari segi
kata Marketingplace berasal dari Kata Benda sementara E-commerce
Berasal dari Kata Kerja.E-commerce penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui
sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer
lainnya.
D. Kendala Digital Marketing
- Komunikasi tidak efektif .
- Komunikasi Ababil.
- Ekspedisi dan Pembayaran.
E.
Rankaian Digital Marketing
1. Start Up perusahaan baru
yang sedang dikembangkan atau belum lama beroperasi atau biasa disebut sebagai
perusahaan rintisan.
2. Frelancer/Influencer seseorang yang bekerja sendiri dan tidak
berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertentu.
3. E-commerce penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya.
F. Kelemahan dan Keunggulan Digital Marketing.
1. Keungulan
a. Tanpa batas wilayah, mampu menembus batas
negara, pulau, bahkan benua.
b. Biaya sangat murah,revolusi marketing
dengan biaya operasional sangat murah.
c. Tidak mengalami kehausan,senantiasa up to
date dengan informasi baru.
a. Beeing Naked(Tidak ada privasi), semua
tertera keterangan saat menjual secara online.
b. Infrastruktur(Keberadaan Jaringan), dapat
diketahui alamat atau barang tersebut meski sudah dihapus.
c. Disturbing Mental(Kesiapan Mental), mempersiapan
diri dengan tanggapan para konsumen yang berlebihan.
KESIMPULAN
Dalam
kunjungan kelas tamu ini saya jadi mengerti konsep digital marketing dan
perbedaan dari beberapa sebutan seperti digital,internet,e-commerce dll bahwa setiap
sebutan kata tersebut mempunyai makna yang berbeda. Dalam kunjungan kelas tamu untuk
awal berbisnis online bagi yang pemula disarankan agar menghindari penjualan di
markeringplace terlebih dahulu karena banyaknya pesaing, sarannya ketika kita
memulai bisnis online share promo produk kalian melalui media sosial dan
discripsikan tentang produk yang anda jual, meskipun peluangnya agak kecil tapi
jika kalian punya banyak pengunjung di akun media sosial kalian pasti akan dilihat
dan akan ada yang tertarik terlebih lagi jika kalian punya banyak teman di media
sosial kalian dapat minta tolong untuk dishare ke akun teman kalian agar dapat
dilihat oleh para pengunjung media sosial.
DOKUMENTASI
Apabila ingin melihat lebih dekat tentang Kampus Institut Asia bisa mengunjungi link berikut :
· Apabila berminat untuk mendaftarkan diri menjadi Mahasiswa bisa mengunjungi link berikut, https://pendaftaranonline.asia.ac.id
إرسال تعليق