Intro: Perkuliahan tamu yang dilakukan untuk membahas tentang langkah berbisnis online yang disampaikan dalam tiap aspek dan berbagai contoh yang dilakukan dalam kelas tamu ini.




PENDAHULUAN


        Di era ini internet sangatlah maju dan berkembang pesat tiap tahun, terutama dalam bidang bisnis perdagangan. Contohnya yaitu pemasaran sebuah produk secara online lebih menguntungkan dari pada pemasaran secara manual. Digital Marketing merupakan salah satu konsep dalam memasarkan produk atau barang kita secara online entah itu melalui media sosial mapun website jual beli online.Dalam penulisan resume ini pembaca dapat mengetahui konsep tentang digital marketing,pengertian dan keunggulan bisnis secara online terutama dalam menjalankan bisnis online untuk awalan atau pemula.

PEMBAHASAN

Pembicara
Nama               : Budi Fajar
Universitas      : ITB ASIA Malang
Instragram       : @digitalpreneutraning


A. Perbedaan Internet dan Digital :

·         Internert (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.adalah Sebuah jaringan yang saling terhubung


·         Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).
Internet & Digital adalah dua hal yang berbeda. Internet adalah salah satu media penghantar teknologi Digital.

B. Big Concept

  Digital mempunyai lawan kata yaitu Analog. Analog bisa disebut  sebuah sinyal yang mempunyai bentuk gelombang dengan cara kerja yang berkelanjutan, Sinyal analog membawa informasi data dengan mengubah karakteristik gelombang. Sementara Digital hasil dari pengembangan temuan dari analog, sebelum adanya digital kita sudah terlebih dahulu mengenal analog.Didalam Digital Marketing. Marketing mempunyai 2 sudut pandang yaitu :
1)  Konvensional,semua hal yang sifatnya mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang lazim digunakan atau berdasarkan kesepakatan banyak orang.Ciri-Cirinya :
a.      Mengunakan media komunikasi non digital.
b.      Percakapan berlangsung dua arah tanpa melibatkan media digital.
c.      Tekbologi kekinian saat itu.
Contohnya:
a.      Pasar
b.      Bank
c.       Promosi dengan memberi brosur
d.      Penjual kaki lima
2)  Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner).Ciri-cirinya:
a.       Menggunaka komunikasi media digital.
b.      Bahkan tidak berlangsung percakapan.
c.       Melibatkan sistem yang tidak dapat dipegang.
Contohnya:
a.    Marketingplace(website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko).
b.    Pengiriman Paket.
c.    Toko Online.
Perlu diingat Marketingplace dan E-commerce yang biasa kita dengar itu berbeda dari segi kata dan pengertiannya. Dari segi kata Marketingplace berasal dari Kata Benda sementara E-commerce Berasal dari Kata Kerja.E-commerce penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

D. Kendala Digital Marketing

  1. Komunikasi tidak efektif .
  1. Komunikasi Ababil.
  1. Ekspedisi dan Pembayaran.




E. Rankaian Digital Marketing


1.    Start Up perusahaan baru yang sedang dikembangkan atau belum lama beroperasi atau biasa disebut sebagai perusahaan rintisan.

2.    Frelancer/Influencer seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertentu.

3.    E-commerce penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.


F. Kelemahan dan Keunggulan Digital Marketing.

     1. Keungulan
a.    Tanpa batas wilayah, mampu menembus batas negara, pulau, bahkan benua.
b.    Biaya sangat murah,revolusi marketing dengan biaya operasional sangat  murah.
c.    Tidak mengalami kehausan,senantiasa up to date dengan informasi baru.
  2. Kelemahan
a.    Beeing Naked(Tidak ada privasi), semua tertera keterangan saat menjual secara online.
b.    Infrastruktur(Keberadaan Jaringan), dapat diketahui alamat atau barang tersebut meski sudah dihapus.
c.    Disturbing Mental(Kesiapan Mental), mempersiapan diri dengan tanggapan para konsumen yang berlebihan.




KESIMPULAN



 Dalam kunjungan kelas tamu ini saya jadi mengerti konsep digital marketing dan perbedaan dari beberapa sebutan seperti digital,internet,e-commerce dll bahwa setiap sebutan kata tersebut mempunyai makna yang berbeda. Dalam kunjungan kelas tamu untuk awal berbisnis online bagi yang pemula disarankan agar menghindari penjualan di markeringplace terlebih dahulu karena banyaknya pesaing, sarannya ketika kita memulai bisnis online share promo produk kalian melalui media sosial dan discripsikan tentang produk yang anda jual, meskipun peluangnya agak kecil tapi jika kalian punya banyak pengunjung di akun media sosial kalian pasti akan dilihat dan akan ada yang tertarik terlebih lagi jika kalian punya banyak teman di media sosial kalian dapat minta tolong untuk dishare ke akun teman kalian agar dapat dilihat oleh para pengunjung media sosial.


DOKUMENTASI









Apabila ingin melihat lebih dekat tentang Kampus Institut Asia bisa mengunjungi link berikut :
·         Untuk melihat profil Institut Asiahttps://asia.ac.id

·      Apabila berminat untuk mendaftarkan diri menjadi Mahasiswa bisa mengunjungi link berikut, https://pendaftaranonline.asia.ac.id

Post a Comment

أحدث أقدم

Entri yang Diunggulkan

ho